Evolusi Nokia Komunikator







Ponsel ini memang unik. Diproduksi tidak terlalu banyak. Hingga kini baru sekitar 7 seri Nokia komunikator yang telah dikeluarkan di pasaran. Padahal umurnya sudah 10 tahun lebih. Tapi disitulah kehebatan seri ini. Karena jarang dikeluarkan maka jutaan orang di seluruh dunia mengejarnya. Terutama di Indonesia. Walau termasuk Negara miskin namun Indonesia merupakan Negara pengguna komunikator terbesar di dunia..
Bahkan peluncuran perdana dilakukan di Indonesia dengan pembelian lelang yang dimenangkan oleh Hartono Gunawan dengan harga 45 juta.
Berikut ini seri Nokia komunikator yang pertama sampai keluaran terbaru tahun 2007 kemarin.


Nokia 9000/9000i
Pertama kali dikenalkan pada tahun 1996. Ukuran dan bobotnya lebih besar bila dibandingkan dengan komunikator terkini.

Nokia 9000i merupakan versi upgrade dari seri 9000. Bedanya hanya terletak pada software yang lebih lengkap. Seperti sistem penanggalan yang lebih canggih dan layanan internet berbasis teknologi smart messaging.

Nokia 9110/9110i
Perubahan besar diseri ini dibandingkan sebelumnya adalah bobotnya yang makin ringan plus penambahan slot memori eksternal.
Seperti biasa, pada Nokia 9110i hanya ditambahkan beberapa software.

Nokia 9210/9210i
Ini cikal bakal komunikator sesungguhnya. Karena sudah menggunakan sistem operasi Symbian. Yang kemudian menjadi sistem operasi dibeberapa ponsel Nokia keluaran terbaru. Seri ini juga memiliki kelengkapan yang lebih baik daripada seri sebelumnya yaitu layar berwarna, prosesor ARM serta kemampuan mengirim dan menerima fax.

Pada Nokia 9210i papan keypad dan co-label (label pada cover) sisi bagian atas berwarna perak, memori internal lebih besar dan cepat, browser www yang lebih maju yang mendukung java script, mendukung video streaming HSCSD, flash player, dan dapat mengunci kartu memori

Nokia 9500
Hingga saat ini masih menjadi kebanggaan bagi pemiliknya. Telah mengusung SO Symbian v7.os. Memiliki prosesor 150MHz Texas Instruments OMAP Prosesor dan SDRAM 64MB. Beberapa fitur lainnya yaitu 2 layar 65k, WLAN 802.11b, bluetooth audio dan data, kamera VGA dengan digital zoom, keamanan produk lebih baik dengan Ipv6, MIDP2.0, konektor Nokia pop-port mendukung berbagai perangkat tambahan.

Nokia 9300/9300i
Ini adalah versi imut dan simpel dari Nokia 9500. Dikeluarkan pada tahun yang sama guna menggaet konsumen yang menginginkan smart phone praktis dan cerdas. Hampir semua fitur sama dengan 9500. Bedanya seri ini tanpa kamera dan WIFI.

Tak jauh beda dengan 9300, Nokia 9300i hanya ditambah fitur WIFI dan tampilan luar lebih keren dengan warna silver gelap

Nokia E90
Kehadirannya yang sudah ditunggu-tunggu langsung menghebohkan penggemar komunikator. Bahkan rela antri panjang dan bayar lebih mahal untuk mendapatkannya. Bagaimana dengan fitur dan penampilannya? Telah menggunakan Symbian OS v9.2 dengan platform S60 3rd edition padahal komunikator sebelumnya menggunakan S80. E90 juga merupakan komunikator pertama yang mengusung teknologi 3G dan telah terintregasi dengan GPS. (berbagai sumber)

Related Posts