Efektivitas Komunikasi Interaktif Via Internet

Internet berawal sebagai media komunikasi. Apapun bisnis Anda, komunikasi ibarat jantung. Entah itu komunikasi oral, visual, maupun tekstual. Tanpa jantung, seseorang tak mungkin hidup. Begitupun bisnis, tanpa komunikasi bisnis tak berjalan. Beberapa dari jenis komunikasi yang ada, kini telah diotomatisasi lewat komputer, atau kita mengakrabinya dengan internet. Pada dasarnya internet tidak memberikan solusi baru yang radikal dalam cara kita berkomunikasi, justru mengintegrasikan teknologi yang ada untuk meningkatkan keefektifan berkomunikasi.

Fungsi internet dapat dikelompokan ke dalam tiga tingkatan yaitu tingkat komunikasi dasar, komunikasi interaktif, serta sumberdaya dan layanan informasi lanjutan.

Ketiganya adalah replika dari komunikasi konvensional yang sering digunakan di era pra-internet. Komunikasi dasar diwujudkan dalam komunikasi satu arah seperti mengirim e-mail atau membaca berita/informasi (news), sementara kalau komunikasi interaktif ada feedback yang cepat dan real time. Sedangkan untuk sumberdaya dan layanan informasi lanjutan adalah segala sesuatu yang terkait dengan pengiriman data. Bagi perusahaan, ketiganya sangat berman-faat untuk tujuan berinteraksi dengan Tertanggung, mitra bisnis, maupun online meeting.

Kali ini secara khusus saya akan menyoroti komunikasi interaktif via internet, terutama yang terjadi di dalam lingkungan Asuransi Jasindo. Sayang sekali, sejak kehadiran menu Forum Interaktif dalam website www.asuransijasindo.co.id, belum banyak kalangan internal yang memanfaatkan media ini sebagai sarana komunikasi yang cepat dan efektif. Hal ini mungkin ter-jadi karena faktor tidak biasa menggunakan internet, malas belajar karena berpikiran bahwa belajar internet sulit, atau sebab lain yakni keterbatasan sarana. Semua alasan itu ada baiknya mulai sekarang dibuang jauh-jauh. Ada dua adagium yang bisa dija-dikan jawaban atas alasan-alasan tersebut: tak kenal maka tak sayang dan banyak jalan menuju roma.

Semakin tak mau mengenali apa itu internet dan efektivitas komunikasi yang diciptakannya, langkah kita akan tertinggal jauh di belakang. Tak mampu mengejar laju kecepatan bisnis yang kian berkembang. Begitupun seandainya sarana terbatas, namun sudah kenal cara menggunakannya, jangan terpaku pada keterbatasan fasilitas perusa-haan. Justru harus terus mencari cara lain agar informasi dan perkembangan tetap bisa kita ikuti. Bukankah sudah banyak warnet di sekeliling kita?

Persoalan yang biasa terdapat di dalam cara berkomunikasi adalah mun-culnya gap (kesenjangan) informasi, antara yang benar dan salah, antara yang up to date dan out of date. Un-tuk itulah tujuan Forum Interaktif diadakan. Yakni meminimalisasi gap informasi karena adanya miskomunikasi yang bisa saja terjadi antar unit kerja, sesama rekan kerja, pimpinan dan bawahan, bahkan antara perusahaan dan pelanggan.

Melalui Forum Interaktif, kesim-pangsiuran informasi atau pertanyaan yang belum terjawab bisa segera memperoleh tanggapan dengan cepat. Serta dapat berhemat dari sisi biaya, karena teknologi komunikasi intinya memperpendek jarak dan menekan biaya (cost). Bayangkan jika lebih dari 80 cabang Asuransi Jasindo di seluruh Indonesia memanfatkan dan memahami efektivitas komunikasi via internet, berapa besarnya biaya yang bisa dihemat karena tak perlu waktu atau sesi khusus untuk temu muka antara karyawan dengan pimpinan misalnya, begitupun dengan Tertanggung. Tertanggung tetap bisa mendapatkan jawaban yang memuaskan dalam waktu relatif singkat.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa dinamika perkembangan bisnis saat ini hanya mampu diimbangi oleh seberapa cepat kemampuan kita beradaptasi dengan teknologi. Khususnya teknologi komunikasi via internet. Nah, tunggu apa lagi?

http://www.jasindo.co.id/popups/articleswindow.php?id=99&print=print

Related Posts